Rabu, 22 Februari 2012

SENYUMLAH KAWAN, 
DAN TERTAWA JANGAN BERLEBIHAN...


Shodaqah yang paling mudah adalah tersenyum, dan setiap shodaqoh adalah berpahala... kemudian dengan senyuman akan menimbulkan rasa nyaman dihati dan rasa sayang serta bersahabat ketika seorang muslim bertemu muslim yang lain, tapi tentunya senyum karena mengharapkan ridhoNya, seperti yang diajarkan oleh Rosulullah SAW.

Pengertian Tertawa dalam bahasa arab ialah terbukanya bibir sehingga barisan gigi terlihat, dan terjadi sebagai akibat dari pada rasa gembira yang dialami seseorang, atau senyuman yang terbuka lebar disertai dengan iringan suara yang keras pada dasarnya adalah pengembangan dari rasa gembira seseorang. Tertawa yang  sewajarnya merupakan obat kecemasan dan pelipur kesedihan. Nabi Muhammad SAW pernah memberikan petunjuk serta resep pengobatannya dengan sabda Beliau,"Janganlah terlalu membebani jiwamu dengan segala kesungguhan hati, hiburlah dirimu dengan hal-hal yang ringan dan lucu, sebab bila hati terus dipaksakan dengan beban-beban yang berat, ia akan menjadi buta." (Sunan Abi Dawud). Namun tentu saja hiburan yang dibenarkan dalam ajaran islam, bukan hiburan yang menyimpang dari jalur tengah yang lurus serta berubah arah, maka ia akan berlawanan arah dengan tujuan sejati dari apa yang sesungguhnya dimaksudkan hiburan itu sendiri.

Dalam senyum dan tertawa yang sewajarnya terdapat kekuatan yang menakjubkan dalam menggembirakan jiwa dan menghapus kesedihan, menyenangkan hati dan juga menyehatkan, sehingga Abu darda berkata: “Sesungguhnya aku akan tertawa hingga hatiku akan terhibur.” Tertawa merupakan puncak keceriaan, kelegaan dan keriangan, asalkan tidak berlebihan, dengan sewajarnya, dan tidak di maksudkan mengejek atau mencemooh: “ Tapi perlu diingat jangan terlalu banyak tertawa atau berlebihan, karena terlalu banyak tertawa akan mematikan hati.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar